Friday, December 20, 2013

Install wordpress pada komputer lokal




Salah satu keunggulan platform wordpress yaitu bisa di opreasikan secara Offline dengan komputer kita tanpa harus terhubung ke internet secara langsung, jadi buat yang pingin belajar tentang wordpress hal ini harus dilakukan selain untuk dipelajari strukturnya kita juga bisa belajar membuat theme wordpres.


Apa yang diperlukan untuk bisa melakukan hal diatas? yang kita perlukan yaitu dibawah ini :



    * Xampp - aplikasi gabungan (apache, myqsl, php) ini digunakan untuk membuat komputer kita bertindak seperti server (local host).bisa di download langsung ke www.apachefriends.org



    * Wordpress - merupakan salah satu CMS (Content Management System) silahkan masuk ke www.wordpress.org untuk versi terbarunya



Jika sudah didownload semua, sekarang tugas anda menginstall Xampp pada komputer anda caranya mudah saja :




  1. Install/pasang aplikasi Xampp terlebih dahulu dengan cara klik kiri 2 kali pada file aplikasi xampp, dan akan muncul dialog box ekstrak file dan simpan di dalam direktori C:

  2. Klik Install dan ikuti langkah berikutnya, setelah selesai maka keluar prompt. Prompt tersebut menanyakan apakah anda ingin menampilkan shortcut ada di desktop/startmenu? ketik y jika ingin atau n jika tidak.

  3. Selanjutnya akan muncul prompt lagi yang menanyakan apakah xampp path sudah tepat atau belum? klik y jika ya dan n jika tidak

  4. Kemudian muncul prompt yang menanyakan setting configurasi untuk date time, tekan enter untuk saja jika ingin melewatinya!

  5. Pada prompt yaitu pilihan services , ketik 1 untuk memulai xampp services

  6. Sekarang Xampp sudah selesai dipasang, aktifkan service Apache dan MySql klik tombol start. lihat gambar dibawah ini!








Langkah selanjutnya yaitu memasukkan wordpress ke dalam Xampp yang telah terpasang caranya :



1. Ekstrak file wordpress .zip ke dalam bentuk folder seperti terlihat di bawah :



2. Sekarang  buka windows explorer dan masuk ke direktori C://xampp dan masukkan folder wordpress ke dalam folder htdocs.





3. Sekarang buka browser internet anda bisa pake Firefox, Opera, Crhome atau yang lain, pada adreess bar ketikkan http://localhost/phpmyadmin  dan tekan enter maka akan muncul phpmyadmin dashboard , kemudian buat database contoh wordpressku dan klik create





4. Buka tab baru di browser anda dan ketik http://localhost/wordpress akan muncul perintah configuration file







5. Setelah klik create configuration file akan ada pemberitahuan sebagai berikut klik saja Lets go!





6. Isikan database-nya: wordpressku username : root password : (di kosong kan aja) klik Submit. lihat gambar! :





7. Klik saja run the install





8. Isi blog title sesuai dengan keinginan anda dan email anda, setelah itu klik install wordpress





9. setelah itu akan ada pemberitahuan bahwa proses install berhasil dan ada pemberitahuan username admin dan random password (jangan lupa simpan password yang keluar) dan klik Log in!





10. Kemudian akan masuk ke admin panel silahkan masukkan Username dan password anda tadi dan klik Login kembali





11. Heemm sudah selesai tu..






Huft,,,,capek juga nulis tutorial instalasi wordpress ke komputer lokal, mudah-mudahan tutorial ini bisa membantu teman-teman yang sedang mencari informasi bagaimana meng-install wordpress di komputer agar dapat digunakan secara offline.

0 comments:

Post a Comment