Thursday, December 12, 2013

10 Alasan Menstruasi Terlambat Selain Karena Hamil

Penyebab wanita terlambat menstruasi ada beberapa, tetapi hal pertama yang sering dipikirkan orang ketika mengalami telat menstruasi adalah hamil. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Ada banyak sekali alasan kenapa menstruasi bisa datang terlambat, apa saja itu?

10 Alasan Menstruasi Terlambat,Selain Karena Hamil

Simak selengkapnya sepuluh alasan menstruasi terlambat, selain karena hamil seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

1. Pengobatan

Alasan lain kenapa menstruasi datang terlambat adalah karena efek dari obat-obatan yang dikonsumsi. Pengobatan tersebut menyebabkan hormon tidak seimbang dan membuat menstruasi datang terlambat.

2. Kegemukan
Terlalu gemuk menyebabkan hormon mengubah siklus menstruasi atau bahkan menghentikannya secara total. Kebanyakan wanita mengalami siklus menstruasi yang normal setelah berat badannya turun.

3. Terlalu Kurus
kebalikan dari kegemukan, terlalu kurus juga menyebabkan seorang wanita mengalamai siklus haid yang tidak teratur dan juga dapat menyebabkan haid berhenti sama sekali.

4. Monopause
Monopause adalah sebuah masa dalam hidup wanita dimana ovulasi tidak akan terjadi lagi. Ini adalah kondisi alami tubuh wanita tapi bisa juga disebabkan oleh faktor lain seperti efek dari operasi dan kometrapi.

5. Ketidakseimbangan Hormon
Hormon memegang peranan penting dalam siklus menstruasi wanita. Jika terjadi ketidakseimbangan, wanita pun cenderung terlambat atau bahkan terlalu cepat mengalami datang bulan.

6. Tiroid
Jika hormon estrogen dan progesteron berperan langsung dalam siklus menstruasi, hormon tiroid juga bisa jadi salah satu penyebab kenapa wanita mengalami haid terlalu singkat atau terlalu lama.

7. Olahraga
Wanita yang melakukan aktivitas fisik atau berolahraga terlalu berat biasanya juga bermasalah dengan siklus menstruasinya. Tubuh yang kelelahan, stres, dan tenaga yang terkuras habis membuat menstruasi datang terlambat.

8. Stres
Stres mampu memberi dampak buruk bagi fungsi tubuh. Apapun sebab dari stres, hormon ikut terpengaruh dan membuat menstruasi wanita datang terlambat.

9. Pil KB
Tak jarang pil KB yang dikonsumsi juga membuat menstruasi datang terlambat. Wanita perlu berkonsultasi dengan dokter jika tidak ingin kondisi tersebut berlanjut terus-terusan.

10. Berganti Jadwal

beberapa wanita bisa berganti jadwal menstruasi dari yang tadinya tanggal tua menjadi tanggal muda atau pertengahan dan sebagainya. Hal ini juga berhubungan dengan perubahan kebiasaan sehari-hari Anda. Misalnya yang tadinya kerja pagi jadi sering kerja malam dan sebagainya.

Agar menstruasi lancar setiap bulannya:
  • Pastikan tubuh tidak terlalu kelelahan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
  • Konsumsi makanan sehat dan bukan junk food.
  • Istirahat cukup di malam hari dan kurangi begadang.
  • Relaks agar stress berkurang.
  • Jangan membawa pekerjaan kantor pulang ke rumah.
Demikian berbagai alasan kenapa wanita terlambat datang bulan, selain karena hamil.

0 comments:

Post a Comment